Samsung Dan Apple Saling Salip Untuk Menjadi Nomor 1 - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Samsung Dan Apple Saling Salip Untuk Menjadi Nomor 1

Samsung Dan Apple Saling Salip Untuk Menjadi Nomor 1

Written By radde on 12 Desember, 2012 | 12.20

Apple dan Samsung adalah dua raksasa di pasar smartphone, tablet dan PC global. Data terbaru IDC menyebut keduanya mengambil porsi 37% di pasar global. Sama-sama memiliki fans setia, keduanya memiliki produk dan strategi harga berbeda.

Untuk harga, menurut IDC average selling price (ASP), Apple untuk semua produk adalah USD 310 lebih dari ASP Samsung. Itu berarti mampu mengapalkan sekitar 20 juta unit smartphone, tablet dan PC lebih banyak dari Apple selama kuartal ketiga.

Keseluruhan, Samsung menjual 66,1 juta unit smart device di kuartal tersebut, melebihi Apple yang 'hanya' 45,8 juta unit.

Untuk pangsar pasar, Samsung mengambil porsi 'kue' 21,8% untuk semua tablet, smartphone, desktop dan laptop yang dikapalkan selama periode tersebut, sementara Apple sebesar 15,1%.

Pada rate itu, Samsung mengalami pertumbuhan 97% selama kuartal ketiga 2011. Apple, pertumbuhannya sebesar 38% di periode yang sama. Yang jelas, baik Apple maupun Samsung menjadi penguasa di pangsa pasar ini.

Selain Apple dan Samsung, vendor lainnya masing-masing hanya disisakan porsi kurang dari 7% di pangsa pasar untuk kategori semua device. Seperti Lenovo dengan porsi 7%, HP 4,6% dan Sony 3,6%. Jumlah total pengapalan smart device semua vendor berdasarkan catatan IDC adalah 303,6 juta.

"Pertarungan antara Samsung dan Apple memuncaki pasar smart device membuat persaingan ini semakin kuat," kata Ryan Reith salah satu analis IDC. Hubungan Apple dan Samsung yang kerap pasang surut pun menjadikan pertarungan ini kian menarik.

IDC memperkirakan, smartphone akan menempati 60,1% dari jumlah total smart device yang dikapalkan di 2012. Berturut-turut selanjutnya adalah laptop 17,2%, PC desktop 12,5% dan 10,2% untuk tablet.

"Semua smart device yang dikapalkan di 2012 akan mencapai total hampir 1,2 miliar unit," ujar IDC.

Menurut IDC, tablet akan menjadi perangkat populer kedua di 2016, melebihi pengapalan laptop dan desktop. Sementara smartphone akan menempati posisi nomor satu dengan porsi 66,7% dari semua perangkat yang dikapalkan pada tahun itu. Diperkirakan di 2016 ada 2,1 miliar perangkat yang dikapalkan.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger