Menguyah Makanan Sebelah Sisi Dapat Merusak Rahang - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Menguyah Makanan Sebelah Sisi Dapat Merusak Rahang

Menguyah Makanan Sebelah Sisi Dapat Merusak Rahang

Written By radde on 22 Februari, 2013 | 09.01


Beberapa orang punya kebiasaan mengunyah makanan dengan deretan gigi sebelah kanan saja, atau sebelah kiri saja. Dokter gigi menganjurkan agar gigi di kedua dipakai untuk mengunyah, sebab jika tidak risikonya maka rahang bisa rusak.

Mengunyah hanya dengan satu sisi saja biasanya dipicu oleh kebiasaan dari kecil. Bisa juga disebabkan oleh gangguan pada salah satu sisi gigi, sehingga tidak nyuaman untuk mengunyah. Dampaknya sama, yakni sama-sama merugikan dalam jangka panjang.

"Misalnya di salah satu sisi giginya sakit atau berlubang. Dia akan mencari gigitan yang dirasakan nyaman. Kalau yang kanan berlubang, maka yang kiri yang dipakai makan," drg Hari Sunarto, SpPerio(K), Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (IPERI) Komisariat Jakarta, dalam acara media trip Pepsodent di Hotel Grage Sangkan, Kuningan

Salah satu sisi uang tidak digunakan untuk mengunyah akhirnya tidak berfungsi. Menurut drg Hari, makanan saat dikunyah hanya akan menempel di deretan gigi yang tidak berfungsi tersebut. Tidak terjadi gesekan antara gigi dengan makanan sehingga tidak ada efek self cleansing atau membersihkan diri sendiri.

Makanan tertentu seperti apel dan bengkoang yang memiliki tekstur keras dan berserat merupakan jenis makanan yang punya efek membersihkan gigi bila bergesekan dengan gigi saat dikunyah. Gigi yang tidak dipakai untuk mengunyah tidak akan mendapatkan efek ini, sehingga lebih cepat ditumbuhi plak maupun debris atau sisa-sisa makanan.

Bukan itu saja, gigi di salah satu sisi yang tidak dipakai mengunyah juga akan mempengaruhi otot pipi yang menggerakkan rahang. Ibarat otot lengan maupun otot tubuh yang lain, jika tidak digunakan maka lama-lama akan menjadi lemah.

"Itu nanti kalahnya di sendi. Buka mulut suka nggak bisa tertutup lagi. Atau ada suara 'klicking' kalau kita buka mulut, dipegang rahangnya ada suara keretek-keretek,
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger