Ilmuwan Temukan Vaksin Pencegah Kerusakan Hati - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Ilmuwan Temukan Vaksin Pencegah Kerusakan Hati

Ilmuwan Temukan Vaksin Pencegah Kerusakan Hati

Written By radde on 24 Februari, 2012 | 09.30

Ilmuwan yang berhasil menemukan hepatitis C pada tahun 1989 kini berhasil menciptakan sebuah vaksin yang bisa mencegah kerusakan di hati dengan cara menghancurkan virus penyebabnya.

Michael Houghton dari University of Alberta mengungkapkan bahwa vaksin ini dikembangkan dari strain (jenis) tunggal tapi bisa digunakan secara universal karena efektif terhadap semua strain virus penyebab penyakit hati. Dr Houghton mulai melakukan penelitian ini sejak 10 tahun yang lalu ketika ia bekerja di perusahaan obat.

Hepatitis C merupakan suatu kondisi yang biasanya tidak disadari oleh pasien, karena gejala akan muncul jika kondisi tubuh sudah semakin memburuk. Jika tidak diobati dengan benar bisa menyebabkan parut pada hati dan akhirnya memicu sirosis yang dapat mengancam jiwa.

Selain itu kondisi ini tidak bisa diprediksi, karena beberapa orang mungkin masih bisa hidup karena hanya memiliki gejala ringan, tapi yang lainnya bisa mengembangkan penyakit hati parah yang membutuhkan perawatan.

Saat ini tidak ada vaksin yang bisa digunakan untuk mencegah hepatitis C karena virus ini secara genetik amat variatif dan memiliki angka mutasi tinggi, sehingga memungkinkan generasi virus yang beraneka ragam.

Tapi Dr Houghton mengungkapkan dalam Canada Excellence Research Chairs Summit di Vancouver bahwa ia dan timnya hanya membutuhkan waktu 5 tahun lagi untuk bisa menciptakan vaksin yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mencegah kerusakan hati.

Dr Houghton dan rekannya John Law menemukan sebuah strain virus tunggal yang bisa menetralkan antibodi terhadap semua strain virus yang berbeda. Diharapkan nantinya virus ini bisa mencegah terjadinya kerusakan di hati.

"Hasil ini benar-benar mendorong pengembangan lebih lanjut dari vaksin tersebut dan menjadi sebuah langkah besar ke depan untuk bidang HCV vaccinology," ujar Dr Houghton

Hepatitis secara harfiah berarti radang hati yang biasanya disebabkan oleh virus, meskipun kelebihan alkohol juga bisa menyebabkan kondisi ini. Jenis peradangan hati yang paling umum adalah hepatitis A, B dan C.

Hepatitis C mempunyai tingkat keparahan yang paling tinggi dibanding Hepatitis A dan B. Diperkirakan ratusan ribu orang terinfeksi hepatitis C setiap tahunnya di seluruh dunia dan sekitar 20-30 persennya mengembangkan beberapa bentuk penyakit hati.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger