Terekam ! Makhluk Laut Yang Misterius - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Terekam ! Makhluk Laut Yang Misterius

Terekam ! Makhluk Laut Yang Misterius

Written By radde on 13 Januari, 2013 | 08.21


Ilmuwan Japan National Science Foundation dan tim dari televisi NHK serta Discovery Channel sukses merekam cumi-cumi raksasa yang panjangnya bisa mencapai 18 meter.

Makhluk raksasa itu merupakan legenda dan pernah disaksikan oleh para pelayar ribuan tahun lalu. Cumi-cumi raksasa diduga merupakan moyang dari Kraken, monster laut yang dipercaya menyerang kapal yang berlayar di Skandinavia milenium lalu.

Meski sebelumnya cumi-cumi raksasa ini pernah direkam, rekaman kali ini merupakan yang pertama berhasil dilakukan di habitat aslinya. Selama ini, tak banyak yang diketahui tentang cumi-cumi raksasa dan habitatnya sebab hewan ini hidup soliter.

Cumi raksasa yang direkam kali ini berukuran sekitar 3 meter. Diketahui, dua tentakelnya hilang. Jika tentakelnya ada, maka ukuran cumi raksasa itu diperkirakan 7-8 meter. Cumi raksasa berhasil direkam di perairan Samudra Pasifik bagian utara, 15 km dari Pulau Chichi.

Pihak NHK menyatakan, cumi-cumi raksasa ini berhasil direkam setelah 100 kali misi dan merekamnya pada berbagai kedalaman dengan kamera ultrasensitif yang mampu menghasilkan gambar HD. Anggota tim menghabiskan waktu sekitar 400 jam untuk mendapatkannya.

"Cumi raksasa itu terlihat cantik dan berkilau," kata Tsunemi Kubodera, pakar Cephalopoda dari National Museum of Nature and Science yang turut berada d kapal selam dalam wawancara dengan The Asahi Shimbun, Senin hari ini.

Para ilmuwan sering menyebut cumi raksasa ini Architeuthis. Sering kali, makhluk ini disebut sebagai misteri terakhir laut. Pihak NHK dan Discovery akan menyiarkan hasil rekaman pada 13 Januari 2013 hari ini
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger