1. Terowongan Laerdal
Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini
menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan
31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion
menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan
yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan
cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir,
yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali
selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.
4. Terowongan Smuggling Lokasi : Tijuana, Mexico
Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan
bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk
perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu,
terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari
Kanada dan Meksiko.
5. Marmaray Tunnel Lokasi : Istanbul, Turki
6. Thames Tunnel Lokasi : London, Inggris
Latar Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
7. Seikan Tunnel Lokasi : Honshu, Japan
Latar Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau
Honshu dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
8. Yerba Buena Island Tunnel Lokasi : Bay Area, California
9. Infiltration Tunnels Lokasi : 38th Parallel DMZ
Latar Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah
zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan
di dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea
Utara, dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.
10. Natural Tunnel Lokasi : Natural Tunnel State Park, Virginia
Latar Belakang: Pembangunan terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu,
ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock.
Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832 adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini.
Mengapa Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung
kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api
penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang
tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu
bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur
alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow
Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke
delapan.
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase
konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan
Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang
dibangun dengan waktu terlama di dunia.
konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan
Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang
dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat
monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana
mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di
dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara
orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu,"
kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di
University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang
berbeda. "Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan
lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang
baik." Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk
lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat
driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan
ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan
pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui
beberapa terowongan yang lebih kecil.
monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana
mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di
dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara
orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu,"
kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di
University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang
berbeda. "Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan
lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang
baik." Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk
lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat
driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan
ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan
pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui
beberapa terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan chanell
Location : Coquelles, Perancis
Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini
menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan
31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah
sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka
berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash.
setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua
negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena
panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk
jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam
terowongan.
sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka
berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash.
setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua
negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena
panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk
jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam
terowongan.
3. Terowongan Zion-Mount Carmel Lokasi : Zion Canyon,
Latar Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion
di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion
menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan
yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan
cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir,
yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali
selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.
Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan
bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk
perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu,
terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari
Kanada dan Meksiko.
Mengapa Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun
tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan,
sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan
dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun
selama dua tahun.
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun
tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan,
sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan
dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun
selama dua tahun.
Background:
Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya
telah menunda penyelesaiannya.
Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya
telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang
menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus
untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan
Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan
kedalaman maksimum 180 meter.
menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus
untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan
Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan
kedalaman maksimum 180 meter.
Latar Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah
pertama kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash
menceritakan. "Ini adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah
suatu alat yang dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang
berfungsi sebagai dukungan sementara struktur, konstruksi yang
memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal sistem dukungan
permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang
baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa
masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan
makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika terowongan selesai
pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel
untuk jasanya dalam dunia konstruksi.
pertama kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash
menceritakan. "Ini adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah
suatu alat yang dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang
berfungsi sebagai dukungan sementara struktur, konstruksi yang
memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal sistem dukungan
permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang
baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa
masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan
makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika terowongan selesai
pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel
untuk jasanya dalam dunia konstruksi.
Honshu dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian
kawasan geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para
insinyur dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk
menghancurkan dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian
kawasan geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para
insinyur dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk
menghancurkan dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
Latar Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di
San Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan
lima jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
San Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan
lima jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan
tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash
berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat
biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya
membangun satu jembatan besar.
tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash
berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat
biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya
membangun satu jembatan besar.
Latar Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah
zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan
di dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea
Utara, dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.
Mengapa Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan
Ketiga dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute
bawah tanah Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan
militer besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk
antar-jemput seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan
bahwa sebanyak 20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting
hubungan antara Utara dan Korea Selatan.
Ketiga dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute
bawah tanah Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan
militer besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk
antar-jemput seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan
bahwa sebanyak 20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting
hubungan antara Utara dan Korea Selatan.
ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock.
Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832 adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini.
Mengapa Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung
kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api
penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang
tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu
bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur
alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow
Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke
delapan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam