Detik Detik Facebook Akan Go Public - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » , , » Detik Detik Facebook Akan Go Public

Detik Detik Facebook Akan Go Public

Written By radde on 18 Mei, 2012 | 19.14

Para investor menanti debut perdagangan perdana saham Facebook di Wall Street pada hari Jumat ini, pukul 11.00 waktu setempat. Banyak yang memperkirakan harga saham Facebook akan langsung meroket.

Media sosial nomor satu di dunia itu mencatatkan sejarahnya dengan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) seharga US$ 16 miliar.

Dengan nilai perusahaan sebesar US$ 104 miliar, Facebook mengalahkan Starbucks Corp dan Gabungan Hewlett-Packard. Hal ini memicu spekulasi soal berapa tinggi nilai Facebook akan naik, terutama saat sahamnya mulai diperjualbelikan hari ini.

"15% sampai 20% kenaikkan masih mungkin," ungkap Tim Loughran, seorang Professor

"Mengingat mereka telah menaikan rentang IPO-nya dan meningkatkan ukurannya, itu awal yang baik," jelasnya.

Facebook membanderol penawaran harga saham mereka pada harga US$ 38 lembar saham pada hari Kamis, atau harga tertinggi dari rentang US$ 35-US$38 per saham. Harganya bisa naik saat saham mulai diperjualbelikan dengan kode perdagangan FB di Nasdaq.

Beberapa pihak mengharapkan saham Facebook bisa naik 30% pada hari Jumat ini. Meskipun ada kekhawatiran mengenai potensi jangka panjang Facebook terkait kinerja keuangannya ke depan.

Rata-rata para analis dari Morningstar memperkirakan harga penutupan untuk saham Facebook berada di angka US$ 50 per saham.

Terkait persiapan perdagangan perdana, penemu Facebook Mark Zuckerberg diharapkan untuk datang ke kantor pusat Silicon Valley pada Jumat pagi waktu setempat untuk memulai perdagangan di Nasdaq.

Dengan harga IPO US$ 38 per lembar saham, Facebook memecahkan rekor pendapatan dalam sejarah 100 kali lebih tinggi, melawan Apple yang hanya 14 kali dan Google inc's 19 kali.

Namun beberapa investor khawatir Facebook belum menemukan cara untuk mendapatkan uang dari pengguna facebook lewat telepon seluler seperti smartphone atau tablet.

Sementara itu, pertumbuhan pendapatan dari bisnis periklanan Facebook online, yang merupakan sebagian besar dari pendapatan, pertumbuhannya melambat dalam beberapa bulan terakhir.

Facebook sudah dipastikan menjadi perusahaan jejaring sosial paling mahal dalam sejarah IPO perusahaan internet AS, mengalahkan nilai Google pada 2004 yang mencapai US$ 23 miliar.

Facebook akan diperdagangkan dengan kode FB di Nasdaq. Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg masih jadi pemegang saham mayoritas dengan porsi 57,3%.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger