7 Tips Merawat Celana Jeans Agar Warnanya Tahan Lama - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » 7 Tips Merawat Celana Jeans Agar Warnanya Tahan Lama

7 Tips Merawat Celana Jeans Agar Warnanya Tahan Lama

Written By radde on 21 November, 2012 | 07.16

Jika ingin jeans kesayangan Anda tahan lama, sebaiknya perhatikan cara perawatannya. Merawat jeans sedikit berbeda dengan pakaian berbahan lainnya seperti katun, spandex atau linen. Perawatan yang tepat bisa membuat celana jeans lebih tahan lama dan semakin bagus dari waktu ke waktu.

Secara umum, merawat jeans tidaklah sesulit yang dibayangkan. Namun ada sebagian orang yang melakukan teknik perawatan tertentu untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Misalnya dengan tidak mencucinya selama berbulan-bulan atau justru harus sering dicuci agar warnanya semakin menonjol. Sebenarnya, bagaimana cara merawat jeans yang benar?

1. Baca Instruksi pada Label.  cara paling aman adalah membaca terlebih dahulu instruksi perawatan yang biasanya tertera pada label di bagian dalam jeans. Biasanya dituliskan prosedur pencucian, suhu air yang digunakan untuk mencuci juga petunjuk penyetrikaan.

2. Pastikan tidak ada benda apapun yang tertinggal di dalam kantong celana. Seperti uang kertas, koin, pulpen, dan sebagainya. Hal ini untuk mencegah jeans terkena serpihan kertas atau tersobek benda tajam saat pencucian. Hindari juga penggunaan pemutih, karena bisa memudarkan semua warna jeans.

3. Mencuci jeans bisa menggunakan mesin cuci, dengan tangan maupun dry clean. Jika ingin menggunakan mesin cuci, atur pada pencucian 'delicate'. Sebaiknya saat mencuci jeans disatukan dengan pakaian lain yang juga berbahan denim, dan tidak lebih dari lima potong. Terlalu banyak jeans yang dicuci dalam watu waktu bisa membuat mesin berat sehingga hasilnya tidak bersih maksimal.

4. Menurut pendiri situs komunitas jeans darahkubiru, Respati Hafidz, jeans akan lebih tahan lama jika dibalik saat pencucian. "Warnanya lebih nggak cepat pudar, cuci pakai tangan juga nggak cepat pudar," terang pria yang akrab disapa Direz ini saat berbincang dengan wolipop di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

5. Ketika menjemur, Direz menyarankan, "Jangan di bawah sinar matahari langsung karena ternyata bisa memudarkan warna. Kebanyakan baju yang berwarna juga kalau kelamaan kena sinar matahari bisa pudar."

6. Sebaiknya saat penjemuran, jeans digantung pada hanger dan dibalik depan-belakang, lalu diangin-anginkan.

7. Setelah kering, sebaiknya jeans tidak dilipat. Simpan di lemari dengan cara digantung menggunakan hanger untuk menjaga bentuk aslinya.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger