Pendiri Megaupload Bebas Sementara - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Pendiri Megaupload Bebas Sementara

Pendiri Megaupload Bebas Sementara

Written By radde on 22 Februari, 2012 | 13.58

Situs file sharing populer Megaupload telah ditutup otoritas dan pendirinya, Kim Dotcom dimasukkan dalam penjara sembari menunggu proses peradilan. Namun belum lama ini, permohonannya untuk dibebaskan sementara dengan jaminan dikabulkan.

Kim Dotcom berada di penjara Selandia Baru sejak 20 Januari 2012, atas permintaan dari otoritas Amerika Serikat. Dia menghadapi salah satu dugaan pelanggaran hak cipta terbesar di dunia dengan nilai kerugian ditaksir sekitar USD 500 juta.

Setelah proses yang cukup berbelit, hakim Nevin Dawson dari pengadilan North Shore District Court, Selandia Baru mengabulkan permohonan pembebasan sementara Kim Dotcom. Sebelumnya, dia dianggap berisiko kabur keluar negeri jika dibebaskan sementara.

Namun hakim Nevin menilai Kim Dotcom tidak akan kabur dari Selandia Baru. Sebab semua harta dan asetnya sudah disita sehingga meskipun mungkin punya niat kabur, dia tidak punya sumber daya untuk melakukannya.

Dotcom pun diperbolehkan pulang ke rumahnya yang sudah dalam penjagaan polisi. Dia hanya boleh pergi dari rumahnya dalam jarak terbatas dan harus diketahui oleh polisi.

"Aku sekarang hanya ingin pergi ke rumah dan melihat keluargaku, tiga orang anakku dan istriku yang sedang hamil," ucap Dotcom kepada media yang mengerumuninya di luar gedung pengadilan. Ya, istri Dotcom sedang hamil tua dan dijadwalkan melahirkan pada bulan Maret.

Otoritas Amerika Serikat menuding Dotcom melakukan tiga jenis kriminalitas terkait hak cipta. Pengadilan AS sedang mengupayakan ekstradisi Dotcom ke negaranya. Dotcom sendiri membantah semua tuduhan dan akan melawan upaya ekstradisi tersebut.

Dotcom yang dikenal sebagai pria flamboyan ini akan tetap ke pengadilan untuk menjalani proses hearing, terutama terkait persoalan ekstradisinya itu.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger