Beginilah Rumah Susun Di China, Tepat Berada Di Bawah Jalan Layang - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » , » Beginilah Rumah Susun Di China, Tepat Berada Di Bawah Jalan Layang

Beginilah Rumah Susun Di China, Tepat Berada Di Bawah Jalan Layang

Written By radde on 16 Maret, 2013 | 10.35


Tak ubahnya di Jakarta, laju pertumbuhan penduduk di China pun berakibat pada persoalan perumahan. Seperti terlihat di Kota Guiyang, sebelah barat laut Beijing, para warga penghuni rumah susun mau tak mau harus tinggal di bawah jalan layang.

Jarak antara rumah paling atas dan jalan yang itu sangat mepet, hanya terpaut beberapa meter. Akibatnya, lalu lalang kendaraan membuat bising penghuni rumah susun. Telinga mereka pun harus disumpal kapas tiap kali menjelang tidur.



Jalan layang berjuluk Shuikousi ini sebetulnya lebih dulu dibangun, yaitu sekitar tahun 1997. Sepanjang 300 meter membelah kota, jalan layang ini merupakan jalur tercepat menuju Bandara Longdongbao.

Pada 1999, pemerintah setempat mendirikan sepuluh rumah susun di bawah jalan layang itu. Hal ini dilakukan untuk menampung para buruh atau pekerja rendahan untuk serta menampung warga korban gusuran.

Akibatnya, setiap hari para penghuni rumah susun ini terganggu kebisingan bermacam kendaraan yang melintas di jalan layang atau tepat di atas kepala mereka. Bukan hanya bisingnya knalpot, jendela kaca rumah mereka pun bergetar tiap kali kendaraan melintas.

Pertumbuhan penduduk




Sampai saat ini, Kota Guiyang ditinggali empat juta penduduk. Sebagian besar mereka menempati beberapa rumah susun di empat jalan layang utama kota itu. Pemerintah kesulitan mengendalikan laju pertumbuhan yang begitu cepat dan menyediakan tempat tinggal bagi para penduduk. Mereka terpaksa membangun rumah susun di beberapa lokasi lahan kosong walau terletak persis di bawah jembatan.

Memang, pada mulanya banyak penghuni rumah susun yang pindah lantaran tidak tahan dengan keadaan tersebut. Salah satu penghuni rumah susun, Lao Yang, mengaku butuh waktu lama agar bisa beradaptasi dengan keadaan ini.

Yang tinggal di rumah susun itu sejak pertama kali diresmikan pada 1999. Saking terbiasa dengan kebisingan dan getaran akibat melintasnya kendaraan, pada 2008 silam ia bahkan tidak merasakan gempa bumi mengguncang kota itu.

Namun, kebisingan itu agaknya mulai mereda. Sejak 2009, pemerintah kota Guiyang melarang truk berkapasitas besar melewati jalan layang itu. Bahkan, kendaraan jenis pick-up hanya diperbolehkan melintas pada sore hari.



Masalah selesai? Tentu saja, tidak. Persoalan tidak selesai hanya pada urusan kebisingan. Karena masalah lain dan terbesar bagi para penghuni rumah susun itu adalah debu-debu jalanan.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger