Orang Yang Mudah Tertular Penyakit TBC - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Orang Yang Mudah Tertular Penyakit TBC

Orang Yang Mudah Tertular Penyakit TBC

Written By radde on 12 Maret, 2012 | 19.53

Tuberculosis (TBC) adalah penyakit menular yang dikatakan sulit menular, sebab hampir semua orang pernah terpapar kumannya tetapi hanya 2 persen yang bisa sakit karenanya. Orang-orang yang rentan sakit karena TBC adalah sebagai berikut.

Penularan kuman Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC (yang resminya disingkat TB) ditularkan melalui droplet atau bercak dahak dari pasien yang terinfeksi. Penularan hanya terjadi ketika daya tahan tubuh seseorang berada dalam kondisi sangat lemah.

Kelompok orang dengan daya tahan tubuh rendah yang rentan sakit karena infeksi TB


Lansia
Makin tua, daya tahan tubuh seseorang cenderung menurun sehingga TB lebih sering menyerang pada usia lanjut.

Bayi
Berkebalikan dengan orang tua yang daya tahan tubuhnya sudah melemah, daya tahan tubuh bayi justru belum sempurna sehingga sama-sama rentan terhadap infeksi TB.

Pengidap HIV atau AIDS
Dampak terburuk dari infeksi Human Imunodeficiency Virus (HIV) adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh, sehingga rentan terhadap infeksi oportunistik atau infeksi penyerta. Infeksi penyerta yang paling sering ditemukan dan paling mematikan pada pengidap HIV antara lain TB.

Pengidap diabetes
Sama halnya dengan infeksi HIV, diabetes juga menyebabkan daya tahan tubuh melemah. Pada kondisi tersebut, infeksi TB mudah sekali menular.

Pengidap kanker
Meski kanker tidak membuat daya tahan tubuh melemah, namun obat-obat kemoterapi untuk menyembuhkan kanker umumnya memiliki efek samping pada sistem imun. Selama menjalani kemoterapi, pasien kanker jadi mudah tertular infeksi termasuk TB.


Pasien cangkok organ
Saat menjalani cangkok organ, pasien akan diberi obat untuk melemahkan sistem imun agar tubuhnya tidak menolak organ baru. Dampaknya adalah pasien mudah tertular infeksi, salah satunya TB.

Pasien gagal ginjal
Gangguan pada ginjal bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mudah tertular TB.

Pasien yang menjalani pengobatan penyakit autoimun
Penyakit autoimun terjadi ketika sistem imun menyerang tubuhnya sendiri, sehingga cara mengobatinya adalah dengan melemahkan sistem imun. Melemahnya sistem imun dengan sendirinya membuat pasien rentan terinfeksi TB.


Kaum miskin dan kurang gizi
Tidak bisa dipungkiri, kemiskinan merupakan salah satu faktor risiko infeksi TB. Faktor ini membuat kebutuhan gizi kurang terpenuhi, sehingga daya tahan tubuh tidak berkembang optimal.

Orang yang berada di lingkungan pasien TB
Termasuk dalam kelompok ini antara lain keluarga dan para petugas kesehatan yang merawat pasien TB, serta petugas di penjara.


Orang yang bepergian ke daerah endemi
Daerah endemi TB yang perlu diwaspadai oleh para pelancong antara lain sebagi berikut:
- Afrika sub-Sahara
- India
- China
- Meksiko
- Pulau-pulau di Asia Tenggara dan Mikronesia
- Beberapa negara pecahan uni Soviet.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger