Kuman Sudah Menempel Di Makanan Meski Baru Jatuh 5 Detik - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Kuman Sudah Menempel Di Makanan Meski Baru Jatuh 5 Detik

Kuman Sudah Menempel Di Makanan Meski Baru Jatuh 5 Detik

Written By radde on 27 Juli, 2012 | 15.00

Selama ini masyarakat beranggapan makanan yang jatuh sebelum 5 detik masih bisa dimakan. Tapi para ahli mengungkapkan hal ini sebaiknya tidak dilakukan, karena kuman bisa saja sudah menempel dan sulit dihilangkan.

"Orang yang mengikuti aturan 5 detik mungkin lebih baik berpikir kembali, karena jika memang ragu-ragu sebaiknya bunglah," ujar Dr Jorge Parada, direktur medis dari program pencegahan dan kontrol infeksi di Loyola University Health System

Dr Parada memperingatkan sesaat setelah segala sesuatu menyentuh permukaan yang tidak bersih, maka makanan ini bisa saja kontak dengan kotoran dan bakteri. Makanan ini bisa segera tercemar dan tidak bisa benar-benar dibersihkan.

Jumlah bakteri dan jenis mikroba yang terlibat atau kontak ini tergantung pada objek apa yang dan dimana jatuhnya. Makanan yang terkontaminasi ini tidak bisa dibersihkan sepenuhnya dengan menggunakan air, meski dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada.

"Mungkin saat jatuh objek kontak dengan 1.000 bakteri dan jumlah bakteri yang dibutuhkan untuk menginfeksi misalnya 10.000 jadi tidak menimbulkan bahaya. Namun tetap saja ada bakteri atau kuman yang kontak dengan makanan dan masuk ke dalam tubuh," ungkapnya.

Dr Parada mencatat ada beberapa tingkat dari kontaminasi ini, hal ini tergantung dari objek yang jatuh, tempat jatuh dan bakteri yang terlibat. Jika bakteri yang ada lebih berbahaya maka bisa membuat orang sakit lebih cepat.

Misalnya jika keripik kentang jatuh di meja mungkin kuman yang kontak lebih sedikit ketimbang jatuh di lantai, atau permen yang keras mungkin lebih sedikit kontaminasinya dibanding keju jika keduanya jatuh di tempat yang sama.

Meski begitu ada pula yang mengungkapkan kontaminasi ini diperlukan untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tapi Dr Parada menyarankan jika ingin bangun sistem imun, lebih baik menggunakan cara pola makan yang benar, olahraga, tidur yang cukup dan mendapatkan vaksin.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger