Duduk Menyilang dalam Jangka Lama Berbahaya Loh - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Duduk Menyilang dalam Jangka Lama Berbahaya Loh

Duduk Menyilang dalam Jangka Lama Berbahaya Loh

Written By radde on 02 April, 2013 | 13.16


Ketika kaki terasa pegal karena terlalu lama duduk, paling enak memang menyilangkan kaki. Selain sedikit meredakan pegal, kesan yang ditimbulkan juga membuat pernampilan terasa lebih elegan. Tapi hati-hati, ternyata kebiasaan ini tak selamanya baik bagi kesehatan.

Menurut penelitian ,menyilangkan kaki memiliki efek samping mempengaruhi punggung dan pembuluh darah. Ketika menyilangkan kaki, berat satu kaki yang ditumpukan pada kaki lainnya dapat mengganggu aliran pembuluh darah.

Penelitian menemukan bahwa kebiasaan ini dapat mengakibatkan varises, yaitu pembengkakan pembuluh darah yang bisa menghambat aliran darah. Varises paling sering ditemukan pada wanita tua yang punya banyak anak. Kondisi ini bisa berbahaya karena dapat memblokir aliran darah menuju jantung.

Para peneliti sebenarnya belum menentukan dengan pasti bahwa menyilangkan kaki dapat langsung mengarah ke varises. Namun mereka percaya bahwa ada 2 faktor yang bisa menjadi pemicunya. Pertama, menyilangkan kaki dapat menekan pembuluh darah yang bisa berkontribusi memicu munculnya varises.

Kedua, ada beberapa efek samping lain yang ditemukan dari kebiasaan ini sehingga membuat para dokter menghimbau untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Beberapa dokter percaya bahwa menyilangkan kaki dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh bagian bawah.

Tindakan ini membuat tekanan tubuh banyak berkumpul pada punggung. Maka menyilangkan kaki secara terus-menerus dapat menyebabkan sakit punggung, postur tubuh yang buruk, serta nyeri pada pinggul dan panggul. Para peneliti percaya bahwa menyilangkan kaki akan memicu rasa sakit dan bengkak karena menekan saraf yang terdapat di lutut.

Tekanan ini bisa menyebabkan mati rasa pada kaki. Memang tidak dianggap berbahaya, tetapi mungkin dapat mengakibatkan kerusakan saraf. Sayangnya, penelitian mengenai efek buruk menyilangkan kaki masih kurang. Dokter yang menyarankan untuk menghentikan kebiasaan ini juga hanya berdasarkan bukti spekulatif.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger