Akhir Dominasi La Furia Roja - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Akhir Dominasi La Furia Roja

Akhir Dominasi La Furia Roja

Written By radde on 19 Juni, 2014 | 07.45


Dalam sekitar enam tahun terakhir Spanyol begitu mendominasi sepakbola dunia. Setelah berturut-turut memenangi dua Piala Eropa dan sekali jadi kampiun Piala Dunia, keperkasaan La Furia Roja runtuh di Brasil 2014.

Era Spanyol menguasai sepakbola dunia dimulai tahun 2008. Momennya adalah Piala Eropa yang digelar bersama oleh Swiss dan Austria.

Menjadi kampiun di turneman itu, Spanyol tampil sangat meyakinkan. Di fase grup mereka meraih hasil 100% kemenangan masing-masing atas Rusia (4-1), Swedia (2-1) dam Yunani (2-1). Di fase knock out Tim Matador' juga sukses mendepak Italia dengan 4-2 lewat adu penalti dan mengandaskan Rusia 3-1.

Menghadapi Jerman di final, Fernando Torres dkk meraih kemenangan tipis 1-0.

Keperkasaan Spanyol di Piala Eropa berlanjut di Piala Dunia 2010. Meski pada laga pertama dapat kejutan pahit karena dikalahkan Swiss 0-1, skuat besutan Vicente del Bosque bisa bangkit dan memenangi dua laga berikutnya dengan Honduras dan Chile.

Pada tiga laga fase gugur, Spanyol cuma meraih kemenangan tipis 1-0 masing-masing atas Portugal, Paraguay dan Jerman. Keunggulan dengan skor tipis juga didapat saat bertemu Belanda di partai puncak. Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Spanyol jadi juara Piala Dunia.

Kembali ke Piala Eropa 2012, Spanyol ternyata masih sakti. Lolos dari fase grup sebagai pemuncak klasemen dengan meraih dua kemenangan dan sekali imbang, Spanyol lantas menundukkan Prancis dengan 2-0 di delapan besar serta menang adu penalti atas Portugal di semifinal.

Kembali berhadapan dengan Italia di final, Spanyol meraih kemenangan mutlak 4-0. Ini menjadi gelar ketiga Spanyol di Piala Eropa.

Tanda-tanda akan berakhirnya dominasi Spanyol mungkin sudah terlihat sejak setahun lalu. Meski berhasil lolos ke final Piala Konfederasi, yang juga digelar di Brasil, Spanyol kalah telak dengan skor 0-3 atas tuan rumah.

Era dominasi Spanyol yang dimulai sejak 2008 itu akhirnya tuntas di Brasil. La Furia Roja dapat hasil yang sangat mengecewakan di Piala Dunia 2014. Skuat besutan Vicente Del Bosque menjadi juara bertahan keempat yang langsung out di fase grup, menyusul Brasil di 1699, Prancis di 2002 dan Italia di 2010.

Bukan cuma tersingkir, Spanyol menjalani turnamen yang buruk di Brasil. Mereka menjadi juara bertahan pertama yang menelan dua kekalahan di laga pertama Piala Dunia. Di dua laga itu Spanyol kemasukan tujuh kali, dan cuma bikin satu gol - itupun melalui ekskusi penalti.

Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger