Prabowo Sebut Ada Kebocoran Rp 7.200 T, Ini Tanggapan Ekonom UGM - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Prabowo Sebut Ada Kebocoran Rp 7.200 T, Ini Tanggapan Ekonom UGM

Prabowo Sebut Ada Kebocoran Rp 7.200 T, Ini Tanggapan Ekonom UGM

Written By radde on 16 Juni, 2014 | 19.42


Calon presiden Prabowo Subianto menyebutkan bahwa Indonesia setiap tahunnya kehilangan kekayaan negara Rp 7.200 triliun. Angka ini kemudian menimbulkan polemik.

Pengamat ekonomi Universitas Gadjah Mada Tony Prasetiantono menilai, angka tersebut tidak masuk akal jika melihat sejumlah indikator ekonomi.

"It doesn't make sense. APBN kita saja tahun ini Rp 1.840 triliun. Even dibandingkan GDP (gross domestic product/produk domestik bruto) yang Rp 9.400 triliun, angka kebocoran Rp 7.200 triliun itu tidak bisa saya pahami," kata Tony dalam Seminar Nasional Perbankan di Plaza Simas, Jakarta, Senin (16/6/2014).

Oleh karena itu, Tony sulit mempercayai klaim Prabowo tersebut. "Maaf, ekonomi itu sangat dekat dengan angka-angka. Kalau angkanya nggak masuk akal ya jangan dipercaya," tegasnya.

Untuk mengoptimalkan penerimaan negara, lanjut Tony, lebih baik tidak banyak berharap pada hal-hal yang belum pasti. Ada langkah yang lebih nyata seperti pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

"Mau tidak mau subsidi BBM harus dikurangi. Orang punya mobil sama punya motor BBM nya sama itu nggak adil. Daripada diukur berdasarkan dari kapasitas mesin, lebih baik dipisahkan BBM-nya," katanya.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger