Jendela Islam : Meneladani Sahabat Rasulullah - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Jendela Islam : Meneladani Sahabat Rasulullah

Jendela Islam : Meneladani Sahabat Rasulullah

Written By radde on 14 September, 2012 | 14.01

“Para sahabatku bagaikan bintang gemintang. Teladani siapa pun di antara mereka, niscaya kau dapat petunjuk.”

Hadis Rasulullah SAW di atas menunjukkan bahwa para sahabat Nabi merupakan orang-orang yang mulia dan utama. Allah SWT telah memilih mereka menjadi sahabat. Mereka tercerahkan dan dicerahkan, tidak tersesat dan tidak disesatkan. Mereka bersyahadat ketika Nabi menyeru mereka kepada Islam.

Kemudian, mereka membantu Rasul menunaikan risalah serta membuktikan ketaatan dan cinta mereka kepada Allah dan Rasul-Nya dengan diri dan harta mereka. Mereka sangat gigih membantu dan menolong Rasulullah.

Mereka membuktikan keimanan dan keislaman dengan sikap dan perilaku utama. Karena itu, tak seorang pun meragukan kemuliaan dan keutamaan para sahabat Rasulullah.

Nabi menegaskan, “Jangan menghina sahabat ku, demi Zat yang jiwaku berada dalam kuasa-Nya, andai saja salah seorang di antara kalian menafkahkan emas sebesar Uhud, kalian tidak akan bisa menandingi kebaikan satu di antara para sahabatku.”

Semua sahabat Nabi mempunyai keistimewaan masing-masing. Mereka laksana taman yang ditanami bunga warna-warni yang semerbak mewangi. Saat melihat taman itu, anda akan mencium wanginya yang semerbak.

Sahabat itu sendiri bertingkat-tingkat, tetapi semuanya mulia dan utama. Ada yang menyebutkan jumlahnya sekitar 124 ribu orang, ada pula yang mengatakan jumlahnya sekitar 60 ribu orang, terdiri atas laki-laki dan perempuan. Dari sekian banyak sahabat, jarang sekali biografi mereka tercatat dengan baik. Akibatnya, tak sedikit peran besar mereka dalam memengaruhi sejarah dunia terkubur begitu saja.

Buku yang digali dari data-data sejarah bervaliditas tinggi ini menyajikan kisah hidup singkat, tapi padat dan memberi inspirasi, yakni fragmen terpenting kehidupan 154 sahabat Nabi. Sebagian dari mereka mungkin sudah sangat kita kenal, tetapi sebagian besar dari mereka tidak banyak diketahui oleh publik. Mereka dipilah dan dipilih berdasarkan tingkat popularitas mereka, termasuk mereka yang pertama kali memeluk Islam dari kalangan Muhajirin dan Anshar.

Penulis menyusunnya secara alfabetis untuk memudahkan pembaca yang membutuhkan rujukan tentang para sahabat Nabi.

Membaca buku ini, kita seolah mendengarkan secara langsung penulis bercerita tentang hidup generasi yang dididik langsung dan lulus dari madrasah Rasulullah. Sebuah generasi yang selayaknya menjadi teladan bagi seluruh kaum Muslim.

Judul : Ensiklopedia Biografi Sahabat Nabi
Penulis : Muhammad Raji Hasan Kinas
Penerbit : Zaman
Cetakan : I, 2012
Tebal : 939 hlm
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger