Sering Makan Di Luar Sama Teman Mudah Bikin Orang Gemuk - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » , » Sering Makan Di Luar Sama Teman Mudah Bikin Orang Gemuk

Sering Makan Di Luar Sama Teman Mudah Bikin Orang Gemuk

Written By radde on 11 September, 2012 | 13.19

Anda sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan? Sebaiknya hindari makan di luar bersama teman-teman. Hasil penelitian terbaru mengungkapkan, makan bersama teman membuat orang cenderung ingin mengonsumsi makanan tidak sehat di dalam menu, hanya untuk membuat teman makannya senang.

Hasil penelitian yang dipimpin oleh psikolog Eric Robinson dari University of Birmingham ini memberikan penjelasan mengapa teman bisa jadi pemicu naiknya berat badan seseorang dan kenapa banyak wanita mengeluhkan badan mereka yang menjadi gemuk ketika berpacaran. Satu penyebab utamanya, yaitu karena kecenderungan manusia untuk meniru kebiasaan makan pasangan atau teman-temannya.

"Banyak bukti yang menguatkan ide bahwa teman Anda bisa membuat tubuh Anda gemuk. Jika ada teman atau orang yang Anda kenal berat badannya naik, maka berat badan Anda bisa naik juga," ujar Eric

Eric menambahkan, "Kami menemukan, memasangkan orang dengan teman yang punya kebiasaan makan tidak sehat akan mengurangi jumlah makanan sehat yang dikonsumsi. Mereka cenderung memilih makanan yang tinggi kalori."

Penelitian tersebut melibatkan 100 responden wanita yang diminta untuk memilih beberapa varian makanan. Jenis makanan pertama terdiri dari buah-buahan dan sayuran, sementara yang kedua berisi keripik, pastry dan sosis.

Peneliti mengamati ketika responden makan dengan teman yang mengambil makanan tidak sehat di meja, dia juga cenderung ikut memilih makanan yang sama. Berbeda dengan responden yang makan sendirian atau makan bersama teman yang memilih makanan sehat.

"Penelitian ini menggambarkan perilaku sosial ketika orang makan dan bagaimana itu ikut mempengaruhi sikap kita," jelas Suzanne Higgs, salah satu tim penulis penelitian.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger