Hal Yang Paling Membuat Wanita Stress - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Hal Yang Paling Membuat Wanita Stress

Hal Yang Paling Membuat Wanita Stress

Written By radde on 23 Oktober, 2012 | 10.42

Wanita dianggap lebih sering stres ketimbang pria. Kesibukan di kantor, pekerjaan rumah tangga atau kehidupan percintaan bisa menjadi pemicu stres. Sebenarnya hal apa saja yang buat wanita merasa stres? Simak jawabannya di bawah ini

1. Peran Ganda
Tak sedikit wanita yang memiliki beberapa peran sekaligus dalam kehidupannya, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Misalnya, sebagai asisten rumah tangga, bendahara keluarga, supir yang siap mengantarkan anak-anak sekolah, kekasih bagi suaminya serta pegawai kantoran.

Tak jarang hal itu buat wanita merasa kewalahan dan sulit menyeimbangkan perannya. Beberapa wanita yang bekerja kantoran seringkali merasa bersalah karena tak menghabiskan banyak waktu untuk anak-anak dan keluarga, dan hal itu kerap memicu tingkat stres. Sebagian wanita lainnya, merasa stres karena tanggung jawab keuangan yang diberikan kepadanya.

Akibat banyaknya peran tersebut, sering membuat wanita lebih sedikit menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri karena tak ingin terlihat egois. Tidak ada waktu untuk diri sendiri, justru menjadikan tingkat stres wanita jadi lebih buruk.

2. Tidak Punya Kekuatan
Kurangnya kekuatan (power) sering menjadi penyebab stres pada wanita. Menurut Cleveland Clinic, wanita sering merasa tak punya kekuatan untuk mengubah kondisi yang mereka alami. Beberapa wanita merasa terjebak pada kehidupannya dan tak tahu cara mengubahnya.

Sebagi contoh, sebagian wanita merasa tak bahagia dengan pernikahannya, tetapi mereka tak bisa berbuat apa-apa karena takut dengan masalah finansial. Ini adalah salah satu alasan mengapa wanita, kerap kali bertahan dalam hubungan yang buruk.

3. Hormon
Selama hidupnya, wanita akan selalu mengalami perubahan hormon yang cukup ekstrem. Wanita mengalami siklus menstruasi dan perubahan hormon saat hamil atau menopause. Banyak ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan perubahan suasana hati dan efek samping lain yang tidak nyaman. Apapun itu, bisa menyebabkan stres.

4. Peristiwa Penting dalam Hidup
Berdasarkan situs kesehatan nonprofit Helpguide, nomor satu penyebab stres seseorang adalah kematian pasangan. Karena biasanya wanita lebih panjang umur daripada pria, mereka pun jadi mudah merasakan stres akibat berstatus janda yang kehilangan suami karena meninggal. Selain itu, penyebab stres nomor tujuh adalah pernikahan. Wanita merasakan tekanan yang hebat, mulai dari perencanaan pesta pernikahan hingga ketika memiliki anak.

5. Penyebab Stres Harian
Bagaimana pun usaha mengatasinya para wanita selalu bisa merasa stres akibat kegiatan sehari-hari. Penyebab stres harian antara lain, mendapat tagihan kartu kredit, anak mengalami tantrum, mobil menyerempet pagar atau bertengkar dengan suami. Biasanya jika hal itu terjadi, para wanita mengatasi stresnya dengan cara sehat seperti, melakukan meditasi, latihan yoga, atau berendam di dalam bathub.

Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger