Mau Tunda Momongan Tapi Tak Ingin Pakai KB atau Kondom? Coba Cara Ini - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Mau Tunda Momongan Tapi Tak Ingin Pakai KB atau Kondom? Coba Cara Ini

Mau Tunda Momongan Tapi Tak Ingin Pakai KB atau Kondom? Coba Cara Ini

Written By radde on 03 Oktober, 2014 | 18.41


Meski sudah menikah, ada saja pasangan suami istri yang ingin menunda memiliki momongan. Caranya, bisa dengan KB atau menggunakan kondom ketika bercinta. Jika tak mau melakukan dua cara itu, ada sistem lain yang bisa digunakan kok.

"Suami istri bisa ber-KB dengan sistem kalender. Cara kontrasepsi sistem kalender adalah menghindari hubungan seksual pada tanggal-tanggal tertentu yang mana ketika perempuan sedang dalam masa subur," tutur seksolog dr Andri Wanananda MS kepada detikHealth dan ditulis pada Jumat (26/9/2014).

dr Andri menekankan bila menstruasi istri teratur, hindari berhubungan intim di sekitar hari ke-12 sampai hari ke-15, dihitung sejak hari pertama haid. Sebab, di masa tersebut wanita sedang berada dalam periode subur.

Di luar periode tersebut, dr Andri mengatakan relatif aman untuk berhubungan intim dan kebetulan ingin menghindari kehamilan. Sebab, menurut dr Andri berdasarkan pengalaman empiris, periode sebelum menstruasi jauh lebih aman (terhindar dari kemungkinan hamil) dibandingkan periode sesudah menstruasi (hari 1-11).

"Tapi untuk sistem kalender ini harus tepat menghitung siklus haidnya, karena kalau salah menghitung risiko kehamilan tetap ada," tegas pria yang juga menjadi pengajar di Universitas Tarumanegara ini.

Bila haid tidak teratur, dr Andri menyarankan sebaiknya pergunakan kondom saja karena sistem kalender untuk menunda kehamilan cenderung tidak bisa berhasil. Pilihan lainnya, istri bisa menggunakan spiral (IUD). Sebab menurut dr Andri, suntik atau Pil KB kadang-kadang bisa mengganggu keseimbangan hormon pada wanita yang sensitif.

"Suntik atau pil KB juga kerap menghambat terjadinya kehamilan agak lama pada saat pasangan menghentikan KB-nya dan ingin segera punya momongan," tutup dr Andri.

Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger