Bukan Mitos ! Bola Mata Terlepas Saat Bersin Bisa Benar Benar Terjadi - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » , » Bukan Mitos ! Bola Mata Terlepas Saat Bersin Bisa Benar Benar Terjadi

Bukan Mitos ! Bola Mata Terlepas Saat Bersin Bisa Benar Benar Terjadi

Written By radde on 15 April, 2013 | 10.54


Para ahli telah membantah anggapan bahwa bola mata bisa lepas jika saat bersin seseorang tidak menutup matanya. Meski demikian, lepasnya bola mata saat bersin benar-benar pernah terjadi. Tentunya bukan lantaran tidak menutup mata.

Kasus tahun 1882 tersebut dikisahkan oleh Dr Rachel Vreeman, salah satu penulis 'Don’t Swallow Your Gum! Myths, Half-Truths, and Outright Lies About Your Body and Health' di New York Times. Seorang perempuan bersin, lalu matanya lepas atau dalam istilah medis disebut eyeball subluxing.

Menurut cerita yang dipublikasikan pada 30 April 1882 tersebut, si perempuan tengah mengendarai mobil di jalan raya saat mendadak ingin bersin. Begitu tidak tertahan, ia bersin dan terlepas lah salah satu bola mata disertai nyeri luar biasa.

Dr Vreeman mengakui, tidak ada bukti di dunia kedokteran bahwa kasus tersebut pernah terulang di kehidupan moderen. Pernah dijumpai pada pasien muntah parah, itu pun karena pasien mangalami gangguan otot mata yang melemah karena kondisi tertentu.

Menariknya, para ahli menilai lepasnya bola mata pada kasus tersebut tidak ada hubungannya dengan menutup atau tidaknya kelopak mata saat bersin. Sebagaimana dalam mitos, jika orang tidak menutup kelopak mata saat bersin maka bola matanya bisa lepas.

"Tidak acara ceritanya menutut mapa bisa mencegah bola mata lepas. Sepertinya ototnya (kelopak mata) tidak cukup kuat," kata Dr Robert Naclerio, seorang profesor bedah otolaryngology di University of Chicagi Medicine

Maksudnya, otot kelopak mata tidak cukup kuat jika dibandingkan dengan tekanan dari dalam tubuh saat bersin. Kalaupun mata akan lepas dan meloncat keluar, otot kelopak mata tidak akan sanggup menahannya.

Meski begitu, lepasnya bola mata hingga meloncat saat bersin dinilai tetap tidak mungkin terjadi sebegitu mudahnya. Meski kelopak mata tidak akan kuat menahan, di dalam masih ada 6 otot ekstra-okular yang cukup kuat untuk menahan bola mata.

Lalu mengapa saat bersin kelopak mata harus menutup? Dr Bert Moritz dari Mayo Clinic mengatakan, gerakan tersebut tidak ada hubungannya dengan peristiwa lepasnya bola mata saat bersin.

"Itu adalah refleks yang tidak dikehendaki. Saat otak mengirim sinyal (untuk bersin) ke otot, salah satunya berisi pesan untuk menutup mata. Ini sama seperti refleks tendon yang dalam," jelas Dr Moritz.

Cukup tahu saja, tidak perlu mencoba bersin tanpa menutup mata karena memang susah dilakukan.
Sumber
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger