Ciri Ciri Orang Yang Terinfeksi TBC - Jendela Dunia
Headlines News :
Home » » Ciri Ciri Orang Yang Terinfeksi TBC

Ciri Ciri Orang Yang Terinfeksi TBC

Written By radde on 01 Maret, 2012 | 12.18

Bagi sebagian orang, gejala tuberculosis atau TBC yang paling mudah dikenali adalah batuk-batuk. Padahal ada banyak gejala lainnya, seperti nafsu makan berkurang dan bahkan nyeri punggung jika infeksinya sudah mulai menyerang tulang.

Gejala-gejala tersebut muncul ketika status infeksinya adalah TB Aktif, yakni sudah menyebabkan sakit. Dalam banyak kasus, infeksi TBC (yang resminya disingkat TB) tidak selalu menyebabkan sakit sehingga tidak memunculkan gejala dan disebut TB Laten.

Ciri ciri sudah terinfeksi TBC  sebagai berikut.

Batuk kronis
Para dokter menganjurkan, batuk yang tidak sembuh-sembuh hingga 2 pekan harus segera diperiksakan karena selalu ada kemungkinan tertular TBC. Batuk karena infeksi TBC biasanya disertai dahak kental, kadang-kadang juga ada bercak darah apabila infeksinya sudah mulai parah.

Demam
Segala jenis infeksi pada umumnya ditandai dengan adanya demam atau peningkatan suhu tubuh, yang artinya sistem kekebalan tubuh sedang berusaha memerangi kuman. Infeksi TBC juga menyebabkan demam yang kadang-kadang disertai menggigil dan keringat dingin.

Berat badan turun
Kebanyakan pengidap TBC mengeluhkan hilangnya nafsu makan selama berhari-hari. Dampaknya yang bisa langsung diamati penurunan berat badan secara drastis, yang menjadi salah satu gejala paling khas pada infeksi TBC di paru-paru.

Sesak napas
Infeksi kuman TBC di paru-paru maupun saluran yang terhubung ke sana sangat mempengaruhi sistem pernapasan. Kondisi ini dapat memunculkan gejala sesak napas disertai nyeri dada, lalu jika dipindai dengan rontgen maka akan tampak adanya flek yang menandakan adanya kerusakan di jaringan paru.

Lemas dan cepat letih
Fungsi sistem pernapasan berkurang karena jaringan paru-paru mengalami kerusakan, ditambah nafsu makan berkurang maka hasilnya adalah lemas dan cepat letih. Pengidap TBC umumnya tampak lesu, sedikit-sedikit mengeluh kelelahan setiap sedang beraktivitas.

Diperkirakan 15 persen pengidap TBC juga mengalami infeksi di luar jaringan paru-paru, salah satunya di jaringan tulang punggung dengan gejala khas berupa nyeri punggung. Sekitar 25 persen dari jenis TBC yang disebut TB extrapulmonary ini berawal dari TBC paru yang tidak terobati dengan baik.
Sumber
Share this article :

4 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks infonya gan..


my-giftplus.com

rangkaian bunga, toko bunga online, toko bunga jakarta, florist jakarta, kirim bunga jakarta

Unknown mengatakan...

mantabb gan infox... mampir ke tempat ane ya gan... slm kenal...

http://sumaryono.com
Jasa Hipnoterapi

Unknown mengatakan...

saya batuk sudah hampir 2 minggu kadang2 disertai darah walau tidak banyak tp berat badan saya stabil. Apa saya terkena TBC?

radde mengatakan...

@anita : jika sudah sampe batuk darah begitu, coba langsung di periksakan ke dokter

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung !
Silakan berkomentar dengan kata kata yang baik dan jangan spam

 
Contact Us : Disclaimer | Advertise With Us
Copyright © 2013 Jendela Dunia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger